PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII MTS YKWI PEKANBARU

Putri Wahyuni, Fitriana Yolanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIII MTs YKWI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi relasi dan fungsi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan, angket dan tes. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa dari skor dasar ke UH I, dari UH I ke UH II. Persentase kemampuan komunikasi matematika siswa pada skor dasar adalah 36,87%, pada UH I adalah 47,5% dan pada UH II adalah 72,81%. Sedangkan self-efficacy siswa pada UH 1 54,6 % dan pada UH II 77,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-efficacy siswa kelas VIII  MTs YKWI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017.


Keywords


NHT, Kemampuan Komunikasi dan self-efficacy siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S dkk.2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi aksara

Fauzan, A. 2012. Modul Evaluasi Pembelajaran Matematika. Evaluasi matematika.net: UNP

Fitriana, S., dkk. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal Of EST. Vol

Ilhamsyah, S. 2014. Pengaruh Efikasi Diri, Metakognisi dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri Di Kabupaten Wajo. Journal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP). Vol. 01, No. 1 Juni 2014 : 10-20.

Rahayu, I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head (NH) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 〖VIII〗_1 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Skripsi pada FKIP UIR: Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Putri Wahyuni, Fitriana Yolanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com