ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN

Raniya Stiefany Galingging, Sonya Fanny Tauran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa secara keseluruhan dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan tipe kepribadian pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tipe kepribadian dan soal tes penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian, siswa di kelas VIII Perguruan Advent XV Ciracas tergolong memiliki KPM sedang sebanyak 46% siswa. Siswa melankolis dengan KPM tinggi memenuhi indikator 1 sampai 5. Siswa sanguinis dengan KPM tinggi memenuhi indikator 2 dan 5. Siswa plegmatis dengan KPM tinggi memenuhi indikator 2 dan 5. Siswa koleris dengan KPM tinggi memenuhi indikator 2,3, dan 5. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan tipe kepribadian dengan hasil kemampuan penalaran matematis siswa.

Keywords


Penalaran Matematis, Tipe Kepribadian, dan Bentuk Aljabar

Full Text:

PDF

References


A.P, S., Suraya, & K.N, E. (2018). Jurnal SCRIPT Vol . 5 No . 2 Juni 2018 ISSN: 2338-6304 Jurnal SCRIPT Vol . 5 No . 2 Juni 2018 ISSN: 2338-6304. 5(2), 83.

Amalia, S. R., Nur, A., & Widodo, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis. 2, 156-160.

Anggreini, D., Eko Priyojadmiko, & Dwi Setiana. (2020). Analisis Koneksi Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 71-88. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2406

Hadi, S. (2010). PEMERIKSAAN KEABSAHAN DATA PENELITIAN KUALITATIF PADA SKRIPSI. In Jilid (Vol. 17). http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/8721/4194

Mayasari, I., Utomo, D. P., & Cholily, Y. M. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251-262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Purwokerto, U. M., & Pendahuluan, A. (2020a). Kepribadian Siswa. April.

Purwokerto, U. M., & Pendahuluan, A. (2020b). KEPRIBADIAN SISWA. April.

Roza, M., Pendidikan, D., Stkip, M., & Bukittinggi, A. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 2(1), 39-48. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp

Sumartini, T. S. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raniya Stiefany Galingging

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com