ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMP NEGERI 3 MLATI

Witri Oktaviana Dewi, Anggit Prabowo

Abstract


Hasil observasi menunjukkan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII A tahun ajaran 2018/2019 belum dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas isi, indeks kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh, dan reliabilitas soal Penilaian Tengah Semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 mata pelajaran matematika kelas VIII A di SMP Negeri 3 Mlati.

Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 Mlati tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 peserta didik, dan objek dari penelitian ini adalah butir soal Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran matematika kelas VIII A semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 40 butir soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Teknik pegumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh berupa lembar kisi-kisi pembuatan soal, lembar butir soal Penilaian Tengah Semester, lembar kunci jawaban, dan lembar jawaban peserta didik yang mengikuti Penilaian Tengah Semester. Validitas isi soal PTS dianalisis dengan mengecek kesesuaian butir soal dengan kisi-kisi yang dilakukan oleh ahli. Indek kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh, dan reliabilitas soal PTS dianalisis dengan bantuan program Microsoft Excel. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis dari 40 butir soal PTS (1) 40 butir soal termasuk dalam kategori valid dari segi isi dan 1 butir soal dikatakan valid namun soal tersebut tidak memiliki pilihan jawaban benar; (2) ditinjau dari segi indeks kesukaran terdapat 1 butir soal tidak termasuk dalam kategori apapun karena tidak memiliki pilihan jawaban benar, 11 atau 27,5% butir soal termasuk dalam kategori sukar, 17 atau 42,5% butir soal termasuk dalam kategori sedang, 11 atau 27,5% butir soal termasuk dalam kategori mudah; (3) ditinjau dari segi daya pembeda terdapat 2 atau 5,1% butir soal termasuk dalam kategori baik, 8 atau 20,5% butir soal termasuk dalam kategori cukup, 24 atau 61,5% butir soal termasuk dalam kategori jelek, 5 atau 12,8% butir soal termasuk dalam kategori sangat jelek dan 1 butir soal tidak termasuk dalam kategori apapun; (4) ditinjau dari segi keberfungsian pengecoh dari 120 pengecoh dan 40 kunci jawaban. Dikarenakan 1 butir soal tidak memiliki pilihan jawaban yang benar maka dari 39 butir soal terdapat 117 pengecoh dan 39 kunci jawaban benar.; (5) Reliabilitas soal PTS adalah sebesar 0,3076 dimana  sehingga reliabilitasnya rendah. 


Keywords


analisis butir soal, matematika, validitas, indeks kesukaran, daya pembeda, reliabilitas

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Brown H. (2004). Principle language assessment: principle and classroom practice. Longman: New York

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Danuwijaya, Ari Arifin. 2018. Item Analysis Of Reading Comprehension Test For Post-Graduate Students. Journal Of English Educcation. 7 (1), 29-49

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mehta, Geta. 2014. Item Analysis of Multiple Choice Questions- An Assessment of the Assessment Tool. International Journal of Health Sciences and Research. ISSN: 2249-9571.

Majid, Abdul. 2014. Penilian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen tes dan Nontes. Yogyakarta: MITRA CENDIKIA Press.

Oluwatayo, J. 2012. Validity and reliability issues in educational research. Journal of Educational and Social Research 2, 391-400

Pemerintah Indonesia. 2005. Undang-Undang Republik Idonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara

Prabowo, Anggit. 2016. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMA. ISBN: 978-602-361-045-7.

Prijowuntato, S. Widanarto. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: SANATA DHARMA UNIVERSITY PRESS.

Rahmawati, 2012. Analisis Butir Soal Matematika Pada UKA PLPG LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Banjarmasin

Sabri, Shafizan. 2013. Item Analysis Of Student Comprehensive Test For Research In Teaching Beginner String Ensemble Using Model Based Teaching Among Music Students In Public Universities. International Journal of Education and Research. 1(12). 1-14

Taherdoost, Hamet. 2016. Validity and Reliability of The Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. International Journal of Academic Research in Management. 5(3):28-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v9i2.25347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Witri Oktaviana Dewi, Anggit Prabowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.