Etnomatematika Permainan Tradisional Gedrik pada Pembelajaran Matematika di Desa Jabon

Luluk Yuliana, Umy Zahroh

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah sering dianggap sulit oleh siswa karena cenderung formal dan teoritis. Untuk meningkatkan kenyamanan dan kesenangan siswa, perlu dirancang agar terdapat keterkaitan antara matematika di sekolah dan di luar sekolah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan etnomatematika, khususnya melalui penerapan permainan tradisional seperti gedrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas matematika yang terdapat pada permainan tradisional gedrik dan unsur-unsur matematika yang muncul dalam permainan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif, melibatkan anak-anak yang memahami permainan tradisional gedrik di Desa Jabon sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi, yaitu dengan membandingkan dan menyelaraskan data yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktivitas matematika seperti membilang, menentukan lokasi, mengukur, merancang, bermain, dan menjelaskan dalam permainan gedrik. Unsur-unsur matematika yang terdapat meliputi bangun dimensi tiga, bangun datar, luas bangun datar, kekongruenan, refleksi, hubungan antar garis, himpunan, permutasi, dan probabilitas. Integrasi permainan tradisional gedrik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dengan cara yang menyenangkan melalui permainan, dimana konsep-konsep matematika dapat ditemui pada alat, bidang, dan aturan dalam permainan tradisional gedrik


Keywords


etnomatematika, matematika, budaya, permainan tradisional gedrik.

Full Text:

PDF

References


A. J. Bishop, (1997). Educating The Mathematical Enculturators. Papua New Guinea Journal of Theacher Education, 4(2), 17-18.

Aulia R. et. all., (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 51.

Dina N., et. all., (2016). Desain Pembelajaran Materi Refleksi Menggunakan Motif Kain Batik Untuk Siswa Kelas VII, Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika.

Evania Y. and Wayan S., (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini). Malang: Universitas Negeri Malang, 71.

Herawaty D., et. all., (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession, 21.

Husnah N., (2021). Eksplorasi Konsep Matematika dalam Permainan Tradisional Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 82.

Jogen B., et. all., (2015). Impact of Globalisation to Tradisional Games and Recreation of the Bodos. IOSR Journal Of Humanities and Social Science (IOSR-JHSS), 20(3), 89.

Katsap A., (2015). Ethnomathematics of Negev Bedouins Existence in Forms, Symbols and Geometric Patterns. Rotterdam: Sense Publishers, 283.

Laurens T., et. all., (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569.

Pathuddin, et. all., (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko Cake Explorations As Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12.2, 295-296.

Rachmawati I.,(2021). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1.

Rahmawari, et. all., (2011). Teori Belajar Penemuan Bruner dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika SIGMA, 3(1), 2.

Schaum’s, (2005). Geometri, terj. Izam Harmein, (ed.). Jakarta: Erlangga, 4-77.

Susanah. Hartono, (2007). Geometri. Surabaya: Unesa University Press, 204-205.

Umy Zahroh, (2020). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Memodelkan Motif Batik Gajah Mada. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Sosial Keagamaan, 20(1), 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v11i1.28154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Luluk Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.