Literasi Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah IPBA

Fatimah Fatimah, Marnita Marnita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap kemmapuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah IPBA. Literasi digital sebagai bentuk inovasi pembelajaran dimana pada proses implementasinya memanfaatkan media pembelajaran digital yang terintegrasi dalam Learning Management System (LMS). Dalam hal ini media digital yang dikembangkan adalah berbentuk video pembelajaran animasi dan teori dalam bentuk modul pembelajaran yang diunggah pada LMS. Literasi digital ini diharapkan dapat menjadi solusi atau strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa khusunya pada mata kuliah IPBA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dalam bentuk One Group Design pretest dan post test. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 mahasiswa yang ikut mata kuliah IPBA. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan derajat kebebasan untuk daftar distribusi t adalah (N-1 = 19) dan peluang (1-a) atau pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis tes rata-rata diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 20,79 > 1,73, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi digital dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah IPBA di Universitas Almuslim.

Keywords


Literasi Digital; Kemampuan Berpikir Kritis; IPBA

Full Text:

PDF

References


Alghamdi, A. K. H. (2017). The effects of an integrated curriculum on student achievement in Saudi Arabia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01051a

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA NEGERI 4. Berkala Fisika Inonesia.

Asrizal, Amran, A., Ananda, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2018). The development of integrated science instructional materials to improve students’ digital literacy in scientific approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.13613

Bakker, A. (2018). Discovery learning: zombie, phoenix, or elephant? Instructional Science. https://doi.org/10.1007/s11251-018-9450-8

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies. https://doi.org?10.1002?hbe2.191

Donaldson, C., & Alker, Z. (2019). Digital Literacy. Journal of Victorian Culture. https://doi.org/10.1093/jvcult/vcz026

Febrilia, B. R. A., Nissa, I. C., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020). Analisis Keterlibatan dan Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Google Clasroom di Masa Pandemi Covid-19. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika.

Herliandry, L. D., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.166

Lankshear, C., & Knobel, M. (2015). Digital Literacy and Digital Literacies: Policy, Pedagogy and Research Considerations for Education. Nordic Journal of Digital Literacy.

Maulana, M. (2015). Definisi , Manfaat dan Elemen Penting Literasi Digital. Seorang Pustakawan Blogger.

Nurahman, A., Widodo, W., Ishafit, I., & Saulon, B. O. (2019). The Development of Worksheet Based on Guided Discovery Learning Method Helped by PhET Simulations Interactive Media in Newton’s Laws of Motion to Improve Learning Outcomes and Interest of Vocational Education 10th Grade Students. Indonesian Review of Physics. https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.776

Rubini, B., Pusitasari, I. D., Ardianto, D., & Hidayat, A. (2018). Science teachers’ understanding on science literacy and integrated science learning: Lesson from teachers training. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.11443

Sahara, L., Nafarudin, N., Fayanto, S., & Tairjanovna, B. A. (2020). Analysis of Improving Students’ Physics Conceptual Understanding through Discovery Learning Models Supported by Multi-representation: Measurement Topic. Indonesian Review of Physics. https://doi.org/10.12928/irip.v3i2.3064

Sukarno, & Widdah, M. El. (2020). The effect of students’ metacognition and digital literacy in virtual lectures during the covid-19 pandemic on achievement in the “methods and strategies on physics learning” course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25332

Wahono, H. T. T., & Effrisanti, Y. (2018). Literasi Digital di Era Millenial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran STKIP PGRI Jombang.

Yustina, D., Prihatin, I., & Hodiyanto, H. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM BERMUATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.776




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.25524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatimah Fatimah, Marnita Marnita

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats