Implementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Universitas Ahmad Dahlan

Nani Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran reflektif dalam pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran biologi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan. Selama ini perkuliahan menggunakan presto ( presentasi total), metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan ternyata terdapat kelemahan diantaranya mahasiswa bersifat pasif sehingga berdampak pada pemahaman belajar, kurangnya pemahaman mahasiswa akan berdampak pada keterampilan yang mereka miliki pada saat pelaksanaan pembelajaran ketika mengaplikasikan strategi apa yang akan dipakai sehingga sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran reflektif dalam pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran biologi. Model pembelajaran reflektif (reflective learning) memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan analisis atau pengalaman individual yang dialami dan memfasilitasi pembelajaran dari pengalaman tersebut. Pembelajaran reflektif juga mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif, mempertanyakan sikap dan mendorong kemandirian pembelajar. Pembelajaran reflektif melihat bahwa proses adalah produk dari berpikir dan berpikir adalah produk dari sebuah proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dengan empat prosedur penelitian yang di mulai dari 1) perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta kuliah strategi pembelajaran biologi yang berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan guru dan tes.

Kata kunci: model pembelajaran reflektif, pemahaman mahasiswa,strategi pembelajaran biologi


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

------------.2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

________. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Fink,D.L.1999. Active Learning, Reprinted with Permission of the Oklahoma Instructional Development Program. Artikel Tersedia padahttp://www.edweb.sdsu.edu/people/bdodge/Active/ActiveLearning.html (diakses tanggal 17 Juli 2016).

Ingridwati Kurnia. 2011. Pengembangan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa PGSD. Tersedia : http://www.academia.edu/4889503/Pengembanganmodel-pembelajaran/2011. Di download tanggal 8 April 2015 pukul 14.10WIB.

Purwanto, M.N. 1997. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, L. 2002. Penelitian Kualitatif. Jakarta Balai Pustaka

Nana Sudjana.2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata. 2004. Kurikulum dan pembelajaran kooperatif. Bandung.

Standar Nasional Pendidikan Nomor 20 Tahun 2013.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Yogykarta: Bumi Aksara.

Suparijono, Agus. 2009. Coperative learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Swindell, ML. & Watson, J. 2006. Teaching Ethics through Self-Reflective Journaling. Mississippi State University, Journal of Social Work Values and Ethics. 3(2).1-15.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta : Kencana renada Media Group.

Wardhani, igak, dkk. 2007. Materi pokok penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zeichner,K & Liston,P. 1995. A Handbooks for reflektif teaching : Designed for the new and student teaching. Tersedia : http://www.iloveteaching.com//mentor/html.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia