PENGARUH TOKEN EKONOMI UNTK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA SISWA TK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian token ekonomi dalam mengurangi gejala agresivitas pada anak TK. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas TK B, usia lima dan enam tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan pencatatan behavioral checklist.Penelitian ini menggunakan single-case experimental design dengan format perlakuan ABA withdrawal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis visual inspection untuk melihatperubahan dan membandingkan efektivitas perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan gejala agresivitas khususnya perilaku memukul pada subjek.Pada subjek pertama, perilaku memukul mengalami penurunan sebesar 2,87. Pada subjek kedua, agresivitas khususnya perilaku memukul mengalami penurunan sebesar 2,08. Pada subjek ketiga perilaku memukul juga mengalami penurunan sebesar 1,67.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa token ekonomi dapat mengurangi gejala agresivitas pada anak, khususnya perilaku memukul.
Kata Kunci : agresivitas, memukul, token ekonomi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/empathy.v2i2.3015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Da'ina Tri Handayani, Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
================================================================================================
ISSN 2303-114X (print) || 2714-786X (online)
Organized by the Faculty of Psychology
Published by Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY
email: empathy.jfp@psy.uad.ac.id
Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional