EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII

Nobelina Adicondro, Alfi Purnamasari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui hubunganantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (2) Mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self regulatedlearning (3) Mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga denganself regulated learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa KelasVIII SMP Muhammadiyah. Total sampel penelitian berjumlah 62 siswayang dipilih dengan tekhnik cluster random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Skala Self Regulated Learning, Skala Efikasi Diri dan Skala Dukungan Sosial Keluarga. Datakemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasilanalisis data menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikanantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (r=0,837, p=0,000) (2). Ada hubungan positif yang sangatsignifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning (r = 0,836p=0,000). (3). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungansocial keluarga dengan self regulated learning (r = 0,418 p=0,002).


Keywords


Efikasi Diri, Self Regulated Learning, Dukungan Sosial Keluarga.

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Bandura, A. (1997). Self Efficacy : The Exercise of Control. New York: Freemanand Company.

Baron. R.A. & Byrne. D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta:Erlangga.

Hurlock, E.B. (2001). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan SepanjangRentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Johnson. D. W, Johnson. F. (1991) Joining Together. Group Theory and GroupSkill. Fourth Edition. Englewood Cliffts. Prentice Hall Inc

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta : PrenadaMedia Group

Smet. B.( 1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo

Zimmerman, B.J. (1990). Self Regulated Learning and Academic Achievement:An Overview. Educational Psychologist. 25(1), 3-17. Lawrence ErlbaumAssociates.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
 

View My Stats