ANALISA PEREKAMAN DATA SUARA DARI SISTEM BLACKBOX PADA KERETA API

Emy Setyaningsih, M. Andang Novianta

Abstract


            Makalah ini akan membahas tentang penerapan black box pada kereta api yang diadopsi pertama kali pada pesawat, dengan parameter perekam suara hingga waktu simpan kurang dari 1 hari 8 jam pada media penyimpanan SD Card. Tujuan dari pengujian pada makalah ini adalah membandingkan sumber suara terhadap jarak penerima, sebagai parameter perubahan tingkat suara “dB”. Sistem perekaman suara yang akan ditempatkan pada kereta api ini menggunakan modul rangkaian terintregasi WTR010. Voice record WTR010 merupakan modul rangkaian terintegrasi untuk merekam suara sendiri atau pun suara dari file music / video pada komputer dengan sangat mudah. Modul ini bisa merekam suara sendiri dan langsung di simpan ke dalam format audio. Format audio yang disediakan oleh modul voice record adalah format AD4 dan wav.

Hasil pengujian modul black box yang diletakkan pada kereta api, dengan mencoba mengucapkan kata  “SAYA”,  suara dapat terekam pada modul perekam suara yang selanjutnya diolah menggunakan ”software sound editor” yang disimpan pada SD Card ber-ekstensi “wav”. Perbandingan sumber suara terhadap jarak penerima dari pengujian didapatkan sebuah persamaan regresi linier  y = -( 31x – 11)  dan R² = 0.972.  Pengujian ini menghasilkan penekanan suara dB dan frekuensi sample Hz yang berbeda.

 

Kata kunci: black box kereta api, perekaman suara, WTR010


Full Text:

PDF

References


Aryo Baskoro Utomo,Wahyudi, Achmad Hidayatno, 2011, Analisis Karakteristik Suara Manusia Berdasarkan Frekuensi Fundamental Dan Tingkat Usia Pada Pelajar SLTP dan SMA,Fakultas Teknik UNDIP, Semarang.

Gold,B.,andN.Morgan, 1999, SpeechandAudio SignalProcessing:ProcessingandPerception of Speechand Music,John Wiley & Sons, Inc., New York.

Robi Alamsyah, 2011, Text To Voice With Angry Condition, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok.

Siti Imsyawati Maulidya, S.T., M.Kom, 2007, Pengenalan Pola Kata Dengan Metode Anfis (Adaptive Neuro-Fuzzy Inference Systems), Jurusan Teknik Informatika, IST AKPRIND, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v9i1.a2040

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 468 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats