TINJAUAN KEAMANAN SISTEM PADA TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING

Yuli Fauziah

Abstract


Dalam perspektif teknologi informasi, cloud computing atau komputasi awan dapat diartikan sebagai suatu teknologi yang memanfaatkan internet sebagai resource untuk komputasi yang dapat di-request oleh pengguna dan merupakan sebuah layanan dengan pusat server bersifat virtual atau berada dalam cloud (internet) itu sendiri. Banyak perusahaan yang ingin memindahkan aplikasi dan storage-nya ke dalam cloudcomputing. Teknologi ini menjadi trend dikalangan peneliti dan praktisi IT untuk menggali potensi yang dapat ditawarkan kepada masyarakat luas. Tetapi masih banyak isu keamanan yang muncul, karena teknologi yang masih baru. Salah satu isu keamanannya adalah Theft of Information, yaitu pencurian terhadap data yang disimpan di dalam Storage aplikasi yang menggunakan teknologi Cloud Computing. Kerugian yang akan diperoleh oleh pengguna teknologi ini sangat besar, karena informasi yang dicuri menyangkut data rahasia milik perusahaan, maupun data-data penting lainnya.

Beberapa tindakan untuk mencegah terjadinya pencurian data ini, yaitu dengan  menghindari jenis ancaman keamanan berupa kehilangan atau kebocoran data dan pembajakan account atau service, serta Identity Management dan access control adalah kebutuhan yang utama bagi SaaS Cloud computing perusahaan. Dan salah satu metode yang digunakan dalam keamanan data aspek autentikasi dan otorisasi pada aplikasi atau service cloud computing adalah teknologi Single-sign-on. Teknologi Single-sign-on (SSO) adalah teknologi yang mengizinkan pengguna jaringan agar dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Teknologi ini sangat diminati, khususnya dalam jaringan yang sangat besar dan bersifat heterogen, juga pada jaringan cloud computing. Dengan menggunakan SSO, seorang pengguna hanya cukup melakukan proses autentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan yang terdapat di dalam jaringan.

 

Kata Kunci : Storage, Aplikasi, Software as a Service, Cloud Computing, Identity Management, access control, Single Sign On


Full Text:

PDF

References


Balboni, paoli., 2009, Cloud computing for ehealth data protection issues. ENISA Working Group on Cloud Computing.

Krutz, Ronald L. And Vines, Russell Dean., 2010, CLOUD SECURITY, a comprehensive guide to secure cloud computing. Wiley Publishing Inc. Kanada, USA.

Marks, Eric A., et all, 2010, Executive’s guide to cloud computing, New Jersey: John Willey and Sons.

Nurdeni, Deden A., 2010, Implementasi Teknologi SSO di Lingkungan Teknik Informatika ITS, Tugas Akhir. Jurusan Teknik Informatika ITS. Surabaya.

Rifai, A., ZA, 2010, Pencurian Data di Dalam Teknologi Cloud Computing, Institut Teknologi Bandung.

Setiawan, Deris, 2010, Teknologi Cloud Computing, Fasilkom, Universitas Sriwijaya.

Zarlis, M., 2011, Menelaah Janji-janji Cloud Computing dalam Bidang Teknologi Informasi, Prosiding Seminar Nasional ke-3, Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara.

_____, 2010, Use cases and functional requirements for inter-cloud computing, Global Inter-Cloud Technology forum.

_____, http://deris.unsri.ac.id/materi/jarkom/mengenal_cloudcomputing.pdf, accessed: 2014-01-14.

_____, http://id.wikipedia.org/komputasi-awan, accessed: 2013-03-13.

_____, http://teknik-informatika.com, accessed: 2013-03-13.

_____,Wikipedia (2007n). Single sign-on - Wikipedia, the free encyclopedia. Online: http://en.wikipedia.org/wiki/Single_sign-on, accessed: 2012-03-13.

_____,SAML Single Sign-On (SSO) Service for Google Apps, http://code.google.com/apis/apps /sso/saml_reference_implementation.html, accessed: 2013-03-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v8i1.a2087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats