SISTEM PAKAR DIAGNOSA DINI DEFISIENSI VITAMIN DAN MINERAL

Ause Labellapansa, Alex Timur Boyz

Abstract


Mineral dan vitamin berperan penting bagi tubuh manusia. Vitamin berguna untuk proses pertumbuhan, pengaturan, dan perbaikan fungsi tubuh sedangkan mineral berperan dalam beberapa tahap reaksi metabolisme energi, pertumbuhan, dan pemeliharaan tubuh. Pentingnya peran vitamin dan mineral mengakibatkan perlunya dijaga kadar vitamin dan mineral didalam tubuh. Banyak yang tidak mengetahui bahwa gejala yang dirasakan pada tubuh merupakan akibat dari defisiensi suatu vitamin atau mineral tertentu sehingga seringkali terlambat untuk diketahui dan mengakibatkan perlunya kunjungan ke dokter. Defisiensi terhadap vitamin dan mineral dapat diketahui secara lebih dini dengan menggunakan bidang ilmu kecerdasan buatan melalui sistem pakar. Sistem pakar defisiensi vitamin dan mineral ini terdiri dari 11 vitamin dan 6 mineral. Dari akuisisi pengetahuan oleh seorang pakar, ditemukan 46 gejala dan menghasilkan 35 aturan (rule) yang direpresentasikan menggunakan tabel keputusan. Metode penelusuran defisiensi menggunakan forward chaining sedangkan untuk menangani ketidakpastian yang muncul digunakan metode certainty factor dari aplikasi Mycin. Untuk memudahkan pengguna, maka sistem dibuat dengan menggunakan teknologi mobile. Berdasarkan pengujian yang dilakukan kepada pakar dapat dibuktikan bahwa sistem pakar yang dibangun mampu mendiagnosa defisiensi vitamin dan mineral dengan nilai akurasi kebenaran sebesar 100%. Dengan diketahuinya defisiensi yang terjadi maka penanganan dan pencegahan dapat dilakukan secara lebih dini

Full Text:

PDF

References


Almatsier, Sunita, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Gramedia Pustaka utama, Jakarta, 2011

Sutojo, Edi Mulyanto., Kecerdasan Buatan, Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Syatibi, Ahmad, Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Sapi Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor, Thesis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Latumakulita, Luther A., Jurnal Ilmiah Sains, Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Anak Menggunakan Certainty Factor (CF), Vol 12 : 122-126,2012.

Sari, Nur Anjas, Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty Factor, Vol 3 : 100-103, 2013.

Ignizio, P. J., Intorduction to Expert Systems: The Develpoment and Implementation of Rule-Based Expert Systems, Mc Graw-Hill, Inc., United States of America, 1991




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v10i1.a3347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats