PENGEMBANGAN MOBILE ADVERTISING SEBAGAI SARANA PROMOSI TOKO ROTI DAN KUE MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE

Ika Arfiani

Abstract


Pertumbuhan pengguna layanan mobile data dan mobile internet di Indonesia meningkat pesat dibandingkan voice dan sms. Sehingga kehidupan manusia bagai tak terpisah antara jarak, tempat, dan waktu. Dengan mudahnya manusia dapat melakukan komunikasi dan mengakses informasi tak peduli dimanapun dia tempatnya. Apalagi dengan beragamnya alat komunikasi yang kini beredar ditengah masyarakat, salah satunya adalah smartphone android.

Permasalahan yang umum dihadapi adalah bagaimana membangun suatu aplikasi pada platform Android untuk pencarian lokasi toko roti dan kue beserta alamatnya. Hal tersebut telah terjawab dengan adanya sistem operasi android yang open source, Dengan adanya aplikasi ini maka pengguna yang mempunyai tingkat kesibukan atau mobilitas yang tinggi tidak perlu lagi mencari lokasi toko roti dengan mencari ataupun bertanya dimana lokasi toko roti yang terdekat, karena Aplikasi ini telah menyediakan fitur pencarian secara lengkap, sehingga pengguna dapat mencari lokasi toko roti yang terdekat kapanpun dan dimanapun hanya dengan ponsel Android yang dimilikinya. Kelebihan aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu mencari lokasi toko roti dan kue berdasarkan jenis tokonya serta lokasi yang terdekat dari posisi kita berada. Aplikasi ini akan menampilkan secara detail informasi dari toko yang ada berupa nama, alamat, nomor telepon, gambar / foto dan tampilan peta yang bersumber dari Google Maps.

Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi dapat memberikan informasi lokasi toko kepada pengguna, melakukan panggilan telepon ke toko yang dituju, melakukan share promosi, serta menampilkan map sekaligus rute terpendek menuju lokasi merchant yang ingin dituju. Rute terpendek yang didapat telah mampu menemukan lokasi tujuan dengan jarak yang relative pendek dan tergambar dalam google map. 

Kata Kunci : Android, Mobile Application, Rute Terpendek, Location Based Service,

Full Text:

PDF

References


Kumar, S., Qadeer, M.A., and Gupta, A., 2009, Location Based Service using android, Departement of Computer EngineeringZakir Hussain College of Engineering and Technology, India.

Virrantaus, K., Markkula, J., Garmash, A., and Terziyan, Y.V., 2001,Developing GIS-Supported Location-Based Services. In: Proc. of WGIS’2001 – First International Workshop on Web Geographical Information Systems., Kyoto, Japan. 423–432

Adiwilaga, A., 2014, Teori Pengukuran Jarak, http://blogs.itb.ac.id/anugraha/ 2014/09/10/teori-pengukuran-jarak/ akses 2 September 2014 jam 13.45

Brimicombe, A. and Li, C., 2009,Location Based Services and Geo-Information Engineering. Singapore: Faboulus Printers Pte Ltd.

Rashid, O., Coulton, P., and Edward, R., 2008, Providing location based information/advertising for existing mobile phone users. Personal and Ubiquitous Computing. 12(1), 3-10.

Sunyoto, A., 2009,Api Location (Jsr 179): Standar Penentuan Posisi Untuk Telepon Seluler Berkemampuan Java, Jurnal Dasi, Vol 10. No 1.

Kotler, Philip and Keller. L.K., 2012.Marketing Management, 12th edition.United States of America: Pearson

Jefkins, Frank., 1997, Periklanan., Jakarta: Erlangga

T. D’Roza and G. Bilchev, 2003, An overview of location-based services. BT Technology Journal 21(1): 20-27,

Wei, Meng Lee., 2011, â€Beginning Android Application Developmentâ€, Wiley Publishing. Inc. Indianapolis.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v10i2.a5071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats