SISTEM PENENTUAN PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DENGAN METODE ANALITYCAL HIRARCHY PROCESS

Nur Rochmah Dyah Puji Astuti, Edy Nugroho, Eko Aribowo

Abstract


Bantuan langsung Tunai adalah program dari pemerintah akibat dicabutnya subsidi BBM dan dialihkan kepada rakyat miskin agar kemiskinan di Indonesia berkurang, dengan adanya BLT ini diharapkan kemakmuran penduduk semakain merata. Penyeleksian masyarakat yang mendapatkan BLT selama ini masih menggunakan cara manual yang dapat memperlambat kerja Badan Pusat Statistik. Untuk mempermudah menyeleksi masyarakat dibutuhkan suatu program aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam mengambil suatu keputusan secara cepat, tepat, dan akurat. Dari penelitian ini dihasilkan program aplikasi sistem pendukung keputusan untuk penerimaan dana BLT dengan metode analitycal hierarchy process. Hasil dari pengujian yang dilakukan terhadap program aplikasi ini telah berjalan dengan baik dan dapat membantu Badan Pusat Statistik dalam proses penerimaan dana BLT.

Kata kunci : Metode AHP, Proses Penerimaan Dana BLT


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, 1998, Konsep Tuntunan Praktis Basis Data, Andi Offset, Yogyakarta. [2] Dadan Umar Daihani, 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, Elex Media Komputindo, Jakarta

DR. Ir. Kadarsah Suryadi, Ir. M. Ali Ramdhani, M.T., 2002, Sistem Pendukung Keputusan, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Harianto, K., 1996, Konsep dan Perancangan Database, Andi Offset, Yogyakarta.

Nachrowi Djalal Nacrowi, Phd, Hardius Usman, M.Si., 2004, Teknik Pengambilan Keputusan, PT. Grasindo, Anggota Ikap, Jakarta.

Siti Royan, 2000, Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Manager PT. HUTAHEAN Pekanbaru Dengan Metode AHP, S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Wahyu Pujiono, 2000, Diktat Basis Data, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Yuli Setiono, 2000, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tingkat Kemakmuran Suatu Daerah, Skripsi S-1, Universitas Ahmad




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v2i2.a5253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats