ANALISA NEGOSIASI ANTARAGEN DALAM SIMULASI TRANSAKSI JUAL-BELI BARANG ELEKTRONIK MENGGUNAKAN CIAGENT FRAMEWORK

Ali Tarmuji

Abstract


Software agent merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perangkat lunak yang saat mulai meluas penggunaannya. Penggunaan Software agent terpusat pada implementasi perangkat lunak yang dikhususnya untuk dipasang di perangkat keras seperti robot. Software agent lebih banyak digunakan untuk memodelkan suatu keadaan nyata atau simulasi suatu proses, apabila dilakukan dengan keadaan nyata akan membutuhkan banyak faktor dan dampak yang tidak terduga. Penerapan Software agent merambah hingga ke aplikasi yang dijalankan di internet seiring perkembangan teknologi web yang sedemikian pesatnya.

Metodologi penelitian ini diawali dengan usaha mendapatkan data yang berhubungan dengan sistem dan bahan penelitian, dilanjutkan dengan perancangan sistem negosiasi antaragen yang terdiri dari rancangan proses dan antarmuka sistem. Selanjutnya mengimplementasikan rancangan tersebut ke dalam program menggunakan CIAgent Framework dengan bahasa pemrograman Java. Langkah terakhir diadakan pengujian sistem dengan menggunakan beberapa kasus negosiasi sebagai usaha untuk memonitor proses negosiasi antaragen.

Analisis negosiasi antaragen dengan studi kasus pada sistem simulasi jual-beli barang elektronik ini telah dilakukan analisa kasus negosiasi dari tingkat sederhana hingga tingkat kompleks dan proses analisis. Analisa berdasarkan sistem agen yang dibangun untuk agen penjual maupun pembeli didasarkan pada tiga tingkat kemampuan negosiasi yang berbeda. Negosiasi tingkat dasar dengan bekal kemampuan dasar dalam bernegosiasi, kemampuan yang lebih baik diberikan pada tingkat agen menengah, dan tingkat yang paling baik ditunjukkan pada agen dengan kemampuan negosiasi tingkat lanjut. Ditunjukkan pada kasus ujicoba bahwa pendapatan yang diperoleh penjual dengan kemampuan negosiasi yang lebih tinggi didapatkan hasil yang lebih tinggi, sedangkan dari sisi pembeli semakin tinggi tingkatannya maka semakin kecil harga beli yang dibayarkannya.

Kata kunci: antaragen, CIAgen Framework, Java, jual-beli, implementasi, negosiasi, simulasi


Full Text:

PDF

References


Averill M. Law, David W. Kelton, David M.Kelton, 1999, Simulation Modeling and Analysis, McGraw- Hill Series in Industrial Engineering and Management Science, NewYork.

Beam C., and Segev A., 2000, Proceeding: Fisher Center for Information Technology & Management Seminar; “Automated Negotiation: A Survey of the State of the Artâ€, Walter A. Haas School of Business University of California, Berkeley, CA.

Bigus, J. P., & Bigus, J., 1998. Constructing intelligent agents with Java: A programmer’s guide to smarter applications. New York:Wiley.

Bradshow J.M., 2000, Software Agent, Prentice-Hall, New Jersey.

Croft D.W., 2000, Intelligent Software Agents: Definitions and Applications, Asosiasi alumni California Institute of Technologiy, alumnus.caltech.edu~croftresearchagent definition diakses tanggal 23 Agustus 2008

Etzioni, O., & Weld, D. S., 1995, Intelligent agents on the Internet: Fact, fiction, and forecast, IEEE Expert.

Franklin, S., and Graesser, A., 1996, Proceedings of the Third International Workshop on Agent Theories, Architectures, and Languages: “Is It an Agent or Just a Program? A Taxonomy for Autonomous Agentsâ€, New York: Springer-Verlag.

Klaue S., Kurbel K., Loutchko L., 2001, Proceeding: 14th Bled Electronic Commerce Conference e-Everything: e-Commerce, e-Government, e- Household, e-Democray; “Automated Negotiation on Agent-based e- Marketplaces: An Overview, Bled Slovenia.

Nwana, H. S., 1996, Software agents: An overview. “Knowledge Engineering Reviewâ€.

Plekhanova V., 2003, Intelligent Agent Software Engineering, Idea Group Publishing, USA.

Russel S.J., and Norvig P., 1995, Artifial Intelligence: a Modern Approach, Alan Apt, Prentice-Hall, New Jersey.

Vos M D., Padget J., 2007, Agents and Electronic Commerce, Departement of Computer science, University of Bath, CA; www.cs.bath.ac.uk/~jap/CM30174/CM30174 E-commerce & agents.htm diakses tanggal 23 Agustus 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v3i1.a5256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats