ANALISIS PENGARUH INDEKS KINERJA DOSEN TERHADAP PRESTASI NILAI MATAKULIAH MENGGUNAKAN FUZZY QUANTIFICATION THEORY I

SHOFWATUL ‘UYUN

Abstract


Implementasi penjaminan mutu akademik tentu saja berkaitan erat dengan pelaku utama proses akademik di sebuah perguruan tinggi, yaitu dosen. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi kinerja dosen. Indeks kinerja dosen (IKD) UIN terdiri dari tiga komponen penilaian, yaitu meliputi : Kehadiran mengajar dikelas (K1) sebesar 30%, Ketepatan waktu penyerahan nilai (K2) sebesar 30% dan Penilaian mahasiswa (K3) sebesar 40%. Selain penilaian mahasiswa yang bersifat kualitatif, IKD juga dipengaruhi oleh variabel kehadiran dosen dalam mengajar dan ketepatan penyerahan nilai, yang jelas terukur. Untuk menghubungkan antara faktor kualitatif dan kuantitatif, dapat digunakan fuzzy quantification theory I. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel data adalah multistage random sampling dan analisis data dengan fuzzy quantification theory untuk menentukan seberapa besar faktor-faktor kualitatif penilaian mahasiswa dan kehadiran dosen mempengaruhi prestasi nilai matakuliah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks kinerja dosen (hasil penilaian mahasiswa dan jumlah kehadiran mengajar dosen ) hanya mampu memberikan pengaruh terhadap prestasi nilai matakuliah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sebesar 68,58 %. Disiplin terhadap ketepatan waktu kuliah dan kemampuan dosen untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap prestasi nilai matakuliah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Pengaruh ini akan sangat kuat apabila kehadiran dosen mengajar lebih dari 10 kali.

Kata kunci: multistage random sampling, fuzzy quantification theory, fuzzy group, kualitatif. 


Full Text:

PDF

References


Alves, Carlos Pinto Dias, “Fuzzy Models in Credit Risk Analysisâ€, Studies in Computational Intelligence (SCI) 36, hal 353–367, 2007

Budiarto. “Metodologi Penelitian Kedokteran, sebuah pengantarâ€. Jakarta, EGC, 2003

Kusumadewi, S., dan Purnomo, H. “Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusanâ€, Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 2004.

Kusumadewi, Sri. , “Fuzzy Quantification Theory I untuk Analisis Hubungan Antara Penilaian Kinerja Dosen dan Nilai Kelulusan Mahasiswaâ€, Media Informatika, Vol. 2, No. 1, Juni 2004, hal 1-10, ISSN: 0854-4743, 2004.

Setiyoko, Annas Singgih., Ciptomulyo, Udisubakti., Gunarta, Ketut., “Pendekatan Fuzzy AHP dan Fuzzy MCDM untuk Pengalokasian Fasilitasâ€, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi I ISBN : 979-99302-0-0 25-26, Edisi Pebruari, Program Studi Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2005.

Terano, Thosiro, Kiyoji Asai dan Michio Sugeno., “Fuzzy Systems Theory and Its Applicationsâ€, London : Academic Press. 1992.

Yamita, Novi, “Sistem Pendukung Pengambilan Kepuusan Strategi Pelayanan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelanggan Menggunakan Logikaâ€, 2005.

Zadeh, L.A., “Fuzzy sets Information and Controlâ€, Vol. 8, pp. 338-353, 1965.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v4i1.a5271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats