PROBLEMATIKA DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD SE-KOTA PANGKALPINANG

Sri Sugiyarti, Feri Ardiansah Ardiansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah dan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Sekolah Dasar yang digunakan dalam penelitian meliputi 8 SD Negeri yang ada di Kota Pangkalpinang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara.

Hasil Penelitian menunjukkan yang menjadi masalah media pada mata pelajaran IPS sekolah dasar di Kota Pangkalpinang meliputi tidak tersedia ruang penyimpanan sehingga media rusak, hilang dan tidak terawat, serta  keterbatasan wawasan guru dalam membuat dan teknik penggunaan media. Pemanfaatan media yang terdapat di sekolah dasar kota Pangkalpinang belum maksimal, karena ketersediaan media di masing-masing sekolah belum lengkap. Secara umum pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru-guru di kota Pangkalpinang yaitu pemanfaatan media secara masal atau kelompok di depan kelas.


Keywords


problematika, pemanfaatan. media, IPS

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang RI No. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007, tentang Standar Proses, Jakarta: Depdiknas.

Sapriya. 2014. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori, Djaman. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Alfabeta.

Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

________.2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

________.2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Winataputra, U.S., dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.a17136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats