KESIAPAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL (FDS) SD MUHAMMADIYAH DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah Muhammadiyah dalam implementasi program FDS dalam hal: 1)Kesiapan kurikulum sekolah, 2) Kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan. 3) Kesiapan peserta didik, 4) Kesiapan sarana prasarana, 5) Kesiapan pembiayaan
Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap kepala sekolah, guru dan siswa. Observasi untuk melihat kesiapan sekolah dalam implementasi program Full Day School. Tempat penelitian di SD Muhammadiyah Sokonandi, SD Muhammadiyah Bausasran, SD Muhammadiyah Tegalrejo dan SD Muhammadiyah Notoprajan sebagai sampel sekolah dengan tingkatan premium, gold dan silver.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa SD di kota Yogyakarta telah siap dalam melaksanakan program Full Day School dengan lima hari sekolah. Rata-rata kepala sekolah mempunyai konsistensi yang tinggi dalam memimpin dan menanamkan karakter pada warga sekolah, serta memimpin dengan humanis. Guru SD Muhammadiyah kota Yogyakarta sudah siap dengan peran menjadi fasilitator, guru kelas, administator, evaluator, guru BK. Guru harus full time dan memberikan contoh karakter yang baik bagi siswa. Sekolah juga telah siap membiayai program ini diantaranya dengan sumber SPP siswa, dana bosnas, bosda, dan unit produksi yang ada disekolah. Rata-rata siswa telah siap melaksanakan program Full Day School ini dengan lima hari sekolah. Siswa merasa senang walaupun jam di sekolah semakin panjangKeywords
Full Text:
PDFReferences
Dadi Permadi, 2009. Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah. Bandung : PT. Sarana Panca Karya
Depdiknas, 2011. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Diknas-Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum
E. Mulyasa, 2012. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implikasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Hasan Hafidz, 2009. Dasar-dasar Pendidikan dan Ilmu Jiwa. Solo : CV Ramadhani
Lexy J. Moleong, 2012. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
M. Ngalim Purwanto, 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Matthew B. Miles and A. Michael Huberman, 1992. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.
Nanang Fattah, 2010. Ekonomi dan Pembiayaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
______, 2010. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id
JPSD journal indexed at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.