Enhancing Student Learning Discipline: Evaluating the Effectiveness of Information Services through the Contextual and Learning (CTL) Model
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alam, D. R., & Amat Jaedun, M. P. (2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di Smknegeri 2 Wonosari. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 5(5), 8-14.
Amelia, A. O. (2021). Pengaruh Game Online Pubg Terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 03 Bengkulu Utara (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Andarini, T. (2012). Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) melalui media flipchart dan video ditinjau dari kemampuan verbal dan gaya belajar (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
Aneros, N. (2012). Pendekatan CTL (contextual teaching & learning) dalam pembelajaran sakubun. Jurnal Bahasa Asing, 8(8), 63-77.
Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650-1655.
Asim, T. M. (2016). Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 2(2), 105-112.
Azam, U. (2016). Bimbingan dan konseling perkembangan di sekolah teori dan praktik. . yogyakarta:Deepublish.
Aziz, F. A. (2016). Kerjasama Kepala Sekolah dan Wali Kelas Dalam Upaya Menerapkan Kedisiplinan Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran (Studi Kasus Kelas 10 Jurusan Administrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Muhammadiyah Tangerang Selatan).
Hasibuan, A. M., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2019). The Effectiveness of Information Services with the Jigsaw Cooperative Learning Model to Improve the Understanding of Discipline Learning of the Student. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 1(1), 62-71.
Hasibuan, M. F. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Mengurangi Sikap Siswa Terhadap Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 1-10.
Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(01).
Ixtiarto, B. (2016). Kemitraan sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri (Kajian aspek penhgelolaan pada SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57-69.
Khafid, M. (2007). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi. Dinamika Pendidikan, 2(2).
Kimberly., B. (2012). Discipline-Centered Learning Communities: Creating Connections Among Students, Faculty, And Curricula: New Directions For Teaching And Learning, Jerman: Wiley.
Kurniasari, D., & Isnani, G. (2015). Analysis of Implementation of the World Cooperation SMK Enterprises/Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 1(1), 24-33.
Misda, F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2015). Efektivitas Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa dengan Sugesti.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi pembelajaran Untuk Guru dan Siswa SMA/MA. Bandung: Nusa Media.
Putra. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserata Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalimantan Timur: Yudha English Gallery.
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1).
Sanjayanti, N. P. A. H., Sadia, W., & Pujani, N. M. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Bermuatan Pendidikan Karakter Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 3(1).
Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.
Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.
Sudirman, Mudjiran, & Rusdina. (2015). “Efektivitas Layanan Informasi yang Mengkombinasikan Metode Ceramah, Sosiodrama, dan Diskusi dalam Merubah Persepsi Siswa Tentang Disiplin Belajar”. Jurnal Ilmiah Konseling, 4 (1).
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.
Sugiarto, T. (2020). Contextual teaching and learning (CTL). Yogyakarta: Mine.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Grasindo.
Widi, E. N. N., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa-Siswi Sma Ditinjau Dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135-150.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jehcp.v12i4.27465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.