MEMBANGUN GAME EDUKASI MUSIK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN BERMUSIK

Labib Azhar Janotama, Murinto Murinto

Abstract


Melalui multimedia, pengguna tidak sekedar melibatkan kemampuan inderawi yang  ada serta memiliki kekuatan daya tarik semata, namun juga dapat memberikan stimulan yang  baik dalam merespon pengetahuan  yang  diajarkan secara komprehensip. Dari hasil survey yang dilakukan dengan mengambil 20 sampel bahwa game untuk melatih kepekaan bermusik masih sedikit. Mengacu pada kebutuhan akan sebuah media interaktif yang mampu digunakan untuk meningkatkan kepekaan bermusik, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Membangun Game Edukasi Musik Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kepekaan Bermusikâ€.

Metode penelitian yang di gunakan adalah qualitative research atau case study (studi kasus) dengan pendekatan di UKM Seni Musik UAD. Sedangkan metode untuk pengumpulan data dilakukan beberapa cara seperti studi pustaka dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian, wawancara dan survey. Tahap pengembangan meliputi analisis, perancangan sistem, dan implementasi sistem.

Hasil dari penelitian ini adalah didapatnya sebuah perangkat lunak tentang  game edukasi (edugames) untuk meningkatkan kepekaan bermusik. Penelitian ini sudah sesuai, mengandung unsur edukasi dan dapat membantu meningkatkan kepekaan bermusik, didukung data kuantitatif dengan hasil persentase penilaian black box test yaitu, Ya = 7/7 x 100%, Tidak = 0/7 x 100= 0%.

 Kata Kunci : Game Edukasi, Kepekaan Bermusik, Multimedia, Solfegio


References


Agustinus Nilwan. 2010. Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Amri. 2009. Perfect Pitch. http://www.oocities.org/gitarkita/perfect.html.

Ariesto Hadi Sutopo. 2007. Pemrograman Flash Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Graha ilmu

Muhammad Lailan A. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Bagi Siswakelas I Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan UNS

Pono Banoe. (2003). Kamus Musik. Jakarta : PT. Kanisius. Departemen Pendidikan dan KebudayaanDepdiknas

Simon Egenfeldt-Nielsen. 2007. Third Generation Educational Use of Computer Games. Denmark: IT University of Copenhagen

Suyanto, M. 2003. Multimedia alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Andi Offset

The American Dictionary. 2014. https://www.ahdictionary.com/word/search.html?q=multimedia




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Labib Azhar Janotama, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.