MEMBANGUN GAME EDUKASI MUSIK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN BERMUSIK
Abstract
Melalui multimedia, pengguna tidak sekedar melibatkan kemampuan inderawi yang ada serta memiliki kekuatan daya tarik semata, namun juga dapat memberikan stimulan yang baik dalam merespon pengetahuan yang diajarkan secara komprehensip. Dari hasil survey yang dilakukan dengan mengambil 20 sampel bahwa game untuk melatih kepekaan bermusik masih sedikit. Mengacu pada kebutuhan akan sebuah media interaktif yang mampu digunakan untuk meningkatkan kepekaan bermusik, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Membangun Game Edukasi Musik Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kepekaan Bermusikâ€.
Metode penelitian yang di gunakan adalah qualitative research atau case study (studi kasus) dengan pendekatan di UKM Seni Musik UAD. Sedangkan metode untuk pengumpulan data dilakukan beberapa cara seperti studi pustaka dengan mengambil data dari bahan pustaka yang relevan dengan bahan penelitian, wawancara dan survey. Tahap pengembangan meliputi analisis, perancangan sistem, dan implementasi sistem.
Hasil dari penelitian ini adalah didapatnya sebuah perangkat lunak tentang game edukasi (edugames) untuk meningkatkan kepekaan bermusik. Penelitian ini sudah sesuai, mengandung unsur edukasi dan dapat membantu meningkatkan kepekaan bermusik, didukung data kuantitatif dengan hasil persentase penilaian black box test yaitu, Ya = 7/7 x 100%, Tidak = 0/7 x 100= 0%.
 Kata Kunci : Game Edukasi, Kepekaan Bermusik, Multimedia, Solfegio
References
Agustinus Nilwan. 2010. Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Amri. 2009. Perfect Pitch. http://www.oocities.org/gitarkita/perfect.html.
Ariesto Hadi Sutopo. 2007. Pemrograman Flash Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Graha ilmu
Muhammad Lailan A. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Bagi Siswakelas I Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan UNS
Pono Banoe. (2003). Kamus Musik. Jakarta : PT. Kanisius. Departemen Pendidikan dan KebudayaanDepdiknas
Simon Egenfeldt-Nielsen. 2007. Third Generation Educational Use of Computer Games. Denmark: IT University of Copenhagen
Suyanto, M. 2003. Multimedia alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta: Andi Offset
The American Dictionary. 2014. https://www.ahdictionary.com/word/search.html?q=multimedia
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Labib Azhar Janotama, Murinto Murinto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.