SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BERSUMBER RODENSIA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

Melanita Indrianis, Sri Winiarti

Abstract


Rodensia (tikus) merupakan hewan liar dari golongan mamalia dan dikenal sebagai hewan pengganggu dalam  kehidupan  manusia. Penyakit bersumber Rodensia masih sangat sedikit mendapat perhatian dan dilaporkan di Indonesia. Pengetahuan  masyarakat  akan  penyakit bersumber Rodensia yang masih  rendah dan keterbatasan media informasi yang dapat dijadikan sumber informasi guna melakukan pencegahan dini terhadap resiko terkena penyakit menjadi kendala mengapa penyakit ini tidak mudah diatasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan suatu aplikasi komputer yang mampu melakukan diagnosa seperti layaknya seorang pakar penyakit bersumber Rodensia.

Dalam penelitian ini yang menjadi obyek adalah aplikasi sistem pakar untuk diagnosa penyakit bersumber Rodensia yang terjadi pada manusia. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan study literature.  Tahap pengembangan aplikasi meliputi penilaian keadaan, koleksi pengetahuan, perancangan sistem, dan pembangunan struktur. Alur keputusan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode forward chaining, metode yang digunakan adalah certainty factor dimana perhitungan ketidakpastian ini dapat digunakan untuk mengetahui kepastian hasil diagnosa suatu penyakit dari gejala-gejala yang dialami oleh pasien. Dan pengujian sistem dengan black box test dan alpha test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah sistem yang dapat mendiagnosa penyakit bersumber Rodensia dengan kemampuan memberikan informasi untuk mendiagnosa 6 penyakit bersumber Rodensia yang disertai nama penyakit, gejala, penyebab, solusi dan nilai kepastian (CF) dari penyakit yang diderita. Hasil pengujian sistem dengan Black Box meyimpulkan bahwa sistem mampu menganalisa dan mendiagnosa penyakit bersumber Rodensia. Dan pengujian Alpha Test yang dilakukan kepada 30 (tiga puluh) responden diperoleh presentase jawaban SS = 61,67%, jawaban S = 37,5%, jawaban KS = 0,83% maka dapat disimpulkan bahwa sistem layak dipergunakan sebagai media bantu bagi masyarakat dalam mengenal dan mendiagnosa penyakit bersumber Rodensia. Untuk analisis kasus menghasilkan kesimpulan bahwa sistem perhitungan kepastian dengan CF pada aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan teori yang diacu.

Kata Kunci: Certainty Factor, Diagnosa Penyakit, Rodensia, Sistem Pakar.

References


Arisangga, Mashuna. 2010. Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Yang Ditularkan Dari Hewan Lalat Kepada Manusia Berbasis Web Dengan Metode Theorema Bayes.Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ernawati, Dwi. Desember 2013. POLASEBARAN SPESIES TIKUS HABITAT PASAR BERDASARKAN JENIS KOMODITAS DI PASAR KOTABANJARNEGARA. Volume 9 No. 02.

Nurisa, Ima. Desember 2005. Penyakit Bersumber Rodensia (Mencit dan Tikus) di Indonesia. Volume 4 No.3. Diakses dari http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/jek/article/download/1637/pdf. pada tanggal 11 Januari 2015 pukul 19.35 WIB.

Rahmawati. Desember 2013. “ANALISIS SPASIAL KEJADIAN LUAR BIASA (KLB) KASUS LEPTOSPIROSIS DI KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2011â€. Volume 9 No 02. http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/blb/article/download/3353/3361. 14 oktober 2014.

Putra, Reza Novenda. 2012. Sistem Pakar Untuk Mendianosa Penyakit yang Disebabkan Nyamuk Dengan Metode Certainty Factor. Tugas Akhir. Universitas UPN Veteran Jawa Timur. Surabaya.

Sari, Nur Anjas. 2013. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty Factor. Tugas Akhir. Universitas UPN Veteran Jawa Timur. Surabaya.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik&Aplikasi). Yogyakarta :GrahaIlmu

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Winiarti, Sri. 2011. Diktat Kuliah Kecerdasan Buatan. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i3.10797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Melanita Indrianis, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.