Implementasi Autentikasi Keamanan dan Manajemen Bandwidth di SDN 001 Sekupang

Tri Hartati, Cosmas Eko Suharyanto

Abstract


SDN 001 Sekupang adalah Sekolah Dasar Negeri yang terletak di Kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sekupang Kota Batam. SDN 001 Sekupang telah memanfaatkan internet dalam melakukan aktifitas kerja dengan total bandwidth 20Mbps. Tingginya akses user mengakses internet, membuat koneksi menjadi tidak stabil, yang membuat peforma menjadi cepat ataupun lambat serta banyaknya user menggunakan bandwidth secara bersamaan sehingga terjadi tarik menarik bandwidth yang mengakibatkan penurunan peforma terhadap jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan bandwidth yang ada agar bandwidth yang tersedia dapat digunakan secara merata dan adil. Untuk itu perlu dibangun sebuah metode untuk authentikasi keamanan dan manajemen bandwidth yang menggunakan mikrotik routerboard dengan menerapkan metode simple queue. Untuk pengimplementasi dilakukan dengan cara melakukan konfigurasi router mikrotik serta melakukan pengujian langsung yang dibantu dengan menggunakan speedtest.cbn.net.id. Dengan telah diterapkannya authentikasi keamanan dan manajemen bandwidth menggunakan mikrotik routerboard hasil pengujian yang didapatkan dalam menerapkan metode simple queue cukup baik dan masing-masing komputer mendapatkan bandwidth secara adil dan merata dan membuat peforma dari masing-masing komputer menjadi stabil.

Keywords


Autentikasi Kemananan; Manajemen Bandwidth; Simple Queue; Mikrotik

Full Text:

PDF

References


Ontoseno, R. D. H., Haqqi, M. N., & Hatta, M. “Limitasi Pengguna Akses Internet Berdasarkan Kuota Waktu dan Data Menggunakan PC Router OS Mikrotik ( Studi Kasus : SMK YPM 7 Tarik )â€, 1, 125–130, Des. 2017.

Pamungkas, C. A. “Manajemen Bandwith Menggunakan Mikrotik Routerboard Di Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakartaâ€, 1(3), 17–22. 2016.

Sofana, I. Cisco CCNA-CCNP Routing dan Switching. Bandung: Informatika Bandung, 2017.

Athailah. Mikrotik Untuk Pemula. Jakarta Selatan: Media Kita, 2013.

Madcoms. Manajemen Sistem Jaringan Komputer dengan MikroTik RouterOS (1st ed.). Yogyakarta: ANDI, 2016.

Towidjojo, R. Konseo & Implementasi Routing Dengan Router Mikrotik. Jakarta: Jasakom, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i3.13617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Hartati, Cosmas Eko Suharyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.