APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TENTANG MEMORI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH
Abstract
Pembelajaran organisasi dan arsitektur komputer mengenai materi memori bagi sebagian mahasiswa cukup sulit untuk dipahami terutama dalam menentukan kecepatan memori. Pemahaman tentang materi tersebut memerlukan penalaran logika, dan kemampuan dalam  mencerna bahan ajar berdasarkan buku teks yang ada. Buku teks yang ada seringkali memerlukan usaha ekstra bagi yang mempelajarinya untuk dapat memahami secara jelas dan nyata. Penyampaian materi selama ini belum menggunakan alat bantu sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi organisasi dan arsitektur komputer khususnya mengenai materi memori menggunakan mikrotik.
Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data dengan menggunakan metode studi literature, dan observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, perancangan konsep, perancangan isi, perancangan story board, implementasi system, dan pengujian sistem dilakukan dengan black box dan alpha test.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dihasilkan sebuah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran materi memori bagi mahasiswa teknik informatika di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bedasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran organisasi dan arsitektur komputer.
Kata Kunci : Memori, Pembelajaran, Arsitektur, Komputer, Multimedia.Full Text:
PDFReferences
Syahrul, 2007, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Andi Publisher, Yogyakarta, Indonesia.
Yoga P., 2011 Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang berjudul “Media pembelajaran Subnetting pada IPv4 Berbasis Multimediaâ€. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan.
Wibawanto W., 2007, Dasar Pemrograman Flash Game, Andi Publisher, Yogyakarta, Indonesia.
Nugroho, B., 2004, PHP & MySQL Dengan Editor Dreamweaver MX, Andi Publisher, Yogyakarta.
Pressman, Roger S., 2001, Software engineering ; A practitioners Approach, The McGraw-Hill series in computer science, New York, USA.
Saguni, F., 2006, Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia:
Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Jurnal, Insan, Yogyakarta.
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Adobe Systems., 2007, Learning ActionScript 2.0 in Adobe Flash, Adobe Systems Incorporated, California 95110, USA.
Kariadinata R., 2010, Pembelajaran Berbasis Multimedia, Jurnal Pendidikan dan Budaya. Universitas Islam Negeri (UIN), Bandung.
Sulistyorini, Farida, S. T. dan Winiarti, Sri, S.T, 2009, Diktat Interaksi Manusia Dan Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd diunduh 27 Maret 2012
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/ diunduh 27 Maret 2012
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=3494.0 diunduh 15 Maret 2012
Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ardi Setyawan, Imam Riadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.