Rancang Bangun Sistem Manajemen Keuangan Pribadi Menggunakan Model Budget Jar Berbasis Android

Hajna Agung Milkham, Petrus Sokibi, Amroni Amroni

Abstract


Mengelola anggaran pendapatan dan pengeluaran merupakan langkah dalam mencegah terjadi permasalahan finansial di masa depan. Dalam mengelola keuangan, seringkali sulit memporsikan anggaran kebutuhan dan anggaran keinginan sesuai pada porsinya. Tingkat keinginan yang terlalu tinggi dan minim kontrol dalam membatasi anggaran sering membuat pengeluaran biaya jauh di luar anggaran yang sudah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk memperkenalkan suatu model pengelola keuangan bernama budget jar dengan mengintegrasikan ke dalam suatu sistem manajemen yang terkomputerisasi berbasis android. Model ini akan membagi anggaran ke dalam enam pos pengeluaran dengan tujuan tertentu. Sistem yang dihasilkan dari penelitian ini dapat membantu penggunan dalam mengatur anggaran dalam periode tertentu dan dapat digunakan dalam mencatat pengeluaran yang memiliki urgensi terkait upaya manajemen keuangan.

Keywords


Manajemen Keuangan; Budget Jar; Sistem; Informasi; Finansial

Full Text:

PDF

References


D. Liana, G. Rohmat, “Studi Komparasi Alat Bantu Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Mobile”, Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis, No.1, Vol.2, pp. 34-41, 2019.

R. Silvia, “Aplikasi Pengelolaan Keuangan Pribadi Berbasis Dekstop”, Jurnal Ilmiah Technologia, No.2, Vol.12, pp. 68-71, 2021.

S. Safir, “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?”, Alex Media Komputindo, Jakarta, 2017.

T., Harv, E., “Secret of the Millionaire Mind: Mastering the Inner Game of Wealth”, Harper Business, New York, 2005,

M. P. Juli, A.I. Muhammad, dan S.S. Anggi, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Dengan Penerapan Web Service Pada Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus: Perpustakaan Daerah Kalimantan)”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, No.1, Vol.5, pp. 47-51, 2017.

A. Ichsanul, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Java Berbasis WEB Menggunakan Exe-Learning untuk Anak Sekolah Menengah Pertama”, Skripsi, Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Islam Negeri Aar-Raniry, 2022.

A.L. Geraldo, S.N. Rizal, dan B.N. Xaverius, “Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Hukum Indonesia Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika”, No.3, Vol.14, pp. 341-348, 2019.

N.A. Miza, H.D. Anisya, Y. Sarah, C. Octavia, dan J.M. Sauda, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka”, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, No.1, Vol.6, pp. 974-980, 2022.

T. Anggy, “Implementasi Extreme Programming (XP) Agile Development pada Pengembangan Sistem Informasi Keluargaku”, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, No.2, Vol.6, pp. 305-311, 2021.

C.P. Anisya, S. Alfy, S. Fitriani, F. Umi, A.G. Qhoiril, dan L.H. Muhammad, “Pengujian Black Box dan White Box Sistem Informasi Parkir Berbasis WEB”, Jurnal Testing dan Implementasi Sistem Informasi, No.1, Vol.1, 1-16, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v12i1.27071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hajna Agung Milkham, Petrus Sokibi, Amroni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.