ANIMASI PROSEDUR PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN PEMOHON SIM DI POLRESTA YOGYAKARTA

Alaik Fadila, Wahyu Pujiyono

Abstract


SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Faktanya masih ada kekurangan dalam proses pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi yang diberikan pihak kepolisian. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti di unit pelayanan SIM Kepolisian Polresta Yogyakarta bahwa pemohon SIM tidak tahu ruangan-ruangan di unit instansi tersebut dan juga bingung dengan urutan proses pembuatannya, karena penjelasan melalui brosur dan papan-papan yang ditempel di dinding menggunakan diagram activity tanpa disertai penjelasan dimana ruangan-ruangan tempat melakukan aktifitasnya, sehingga pemohon SIM baru maupun perpanjangan tidak paham. Berdasarkan permasalahan ini maka dibuat media sosialisasi berupa video animasi untuk menyampaikan informasi tentang prosedur pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi(SIM) yang bertujuan supaya  pemohon SIM mengetahui dan memahami prosedur tersebut.

Subyek dari penelitian adalah Animasi Prosedur Pembuatan dan Perpanjangn Surat Izin Mengemudi. Metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka, observasi dan wawancara. Pembuatan animasi ini menggunakan tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tahap pengujian animasi menggunakan teknik Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini berupa video animasi yang memuat tentang prosedur pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi dengan menggunakan teknik motion tween dan frame by frame. Video animasi ini berdurasi 7 menit 22 detik. Berdasarkan hasil pengujian dari 20 jumlah responden dengan 7 pertanyaan yang diajukan menyatakan bahwa video animasi ini memberikan pemahaman dan layak digunakan sebagai media informasi. Dan pesan dalam video animasi sudah berjalan dengan baik dan dapat tersampaikan kepada target.

 

Kata Kunci: Animasi, prosedur, Surat izin mengemudi.

Full Text:

PDF

References


Pengertian sim. http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_Izin_Mengemudi, diakses 15 oktober 2013.

Adi Pratama, Ginanjar. 2011. “Perancangan Sistem Informasi Permohonan Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) Berbasis Web Pada Unit Pelayanan SIM Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resos Kota Besar Bandungâ€. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Gerinhandito, Yoko. 2006. “Teknik Tweening Dalam Pembuatan Film Karton Kod_Dokâ€. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta

Undang-undang no 14 pasal 18 tahun 1992. Pengertian Surat izin mengemudi.

Binanto, Iwan. 2010. “Multimedia Digital teori dan pengembangannyaâ€. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Komputer, wahana.â€Adobe Flash CS5 Untuk Membuat animasi Kartun†Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alaik Fadila, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.