IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI PUBLIK ELGAMAL UNTUK PROSES ENKRIPSI DAN DEKRIPSI GUNA PENGAMANAN FILE DATA

Faqihuddin Al-Anshori, Eko Aribowo

Abstract


Di masa sekarang ini hampir semua komunikasi data serba digital mulai dari pengiriman file-file baik dokumen-dokumen berbasis teks, gambar, suara ,maupun video. Berbagai macam cara menyembunyikan file telah banyak kita temui salah satunya yang paling populer adalah dengan cara menghidden. Perkembangan penyembunyian file itu sendiri semakin hari semakin pesat. Dengan kata lain file yang disembunyikan tersebut sudah barang tentu banyak orang sudah mengetahui cara untuk membukanya hal ini membuat setiap orang yang akan menyembunyikan data/file merasa bahwa ini sudah tidak aman lagi.

Subyek dalam penelitian ini adalah bagaimana mengamankan sebuah file data. Metode yang digunakan adalah Kriptografi ElGamal metode ini merupakan bagian dari kriptografi asimetris Algoritma ElGamal terdiri dari tiga proses, yaitu proses pembentukan kunci, proses enkripsi dan proses dekripsi. Algoritma ini merupakan cipher blok, yaitu melakukan proses enkripsi pada blok-blok plainteks dan menghasilkan blok-blok cipherteks yang kemudian dilakukan proses dekripsi dan hasilnya digabungkan. Keamanan algoritma ElGamal terletak pada kesulitan penghitungan logaritma diskret pada bilangan modulo prima yang besar sehingga upaya untuk menyelesaikan masalah logaritma ini menjadi sangat sukar. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini akan diimplemtasikan dalam sebuah program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic yang dapatmemberikan kemudahan bagi setiap orang yang akan mengamankan file-file penting. Salah satu algoritma yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi pada tugas akhir ini adalah algoritma ElGamal. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa pengamanan file menggunakan Kriptografi dengan metode ElGamal ini layak dan dapat dipergunakan untuk mengamankan file data yang akan kita amankan.


Kata kunci : Kriptogafi, ElGamal, Asimetris, Enkripsi, Dekripsi. 


Full Text:

PDF

References


(Online) http://informatika.web.id/algoritma-elgamal.htm Diakses tanggal 20 Februari 2010

Ifanto, Mukhammad. 2009. Metode Enkripsi Dan Dekripsi Dengan Menggunakan Algoritma Elgamal. Bandung: Institut Teknolgi Bandung.

Ariwibowo, Eko. 2008. Aplikasi Pengamanan Dokumen Office Dengan Algoritma Kriptografi Kunci Asimetris ElGamal. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Sapty Rahayu .2005. Cryptografi (e-book online) http://cryptografi/124p/04/final0.1.

Ariyus, Dony “ Pengantar Ilmu Kriptografi†Penerbit Andi 2008.

Pratama, Satya Fajar. 2007. “ Algoritma Elgamal untuk keamanan Aplikasi e- mail “ Program Studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Wahyudiarto, Firmansyah, 2010, http;//ruwaifi.Ofees.net/2010/10/macam- macam-enkripsi/, Last access : 3 Februari 2011.

Munir, Rinaldi. 2004. Algoritma RSA dan ElGamal. (online) http://www.alg2.kriptografi/if5054/398/88/. Diakses tanggal 2 Juli 2009 Rinaldi, Munir “ Kriptografi “ Penerbit Informatika oktober 2006.

Sanjaya, Rita Aprilia. 2010. Metode Enkripsi Dan Dekripsi Menggunakan Algoritma ElGamal, S-1. STIKOM . Banyuwangi

LPKBM Matkom Madcoms. 2006. CV. Andi Offset(Andi) Visual Basic 6.0, http;//laporan metopen/Visual Basic 6.0 Komputer.htm

Ladjamudin, Al Bahra Bin. Rekayasa Perangkat Lunak Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faqihuddin Al-Anshori, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.