APLIKASI DETEKSI TEPI UNTUK MENENTUKAN KUALITAS MUTU CITRA BELIMBING MANIS MENGGUNAKAN METODE LAPLACIAN OF GAUSSIAN

Aditya Kurniawan, Murinto Murinto

Abstract


Pengklasifikasian kualitas buah belimbing dari tempat distributor masih dilakukan secara manual menggunakan penglihataan manusia. Untuk itu fungsi mata manusia digantikan dengan suatu proses otomatisasi yang dapat mengklasifikasikan kualitas buah belimbing secara lebih akurat. Proses yang dilakukan adalah dengan mendeteksi cacat pada buah belimbing menggunakan metode deteksi tepi Laplacian of Gaussian.

            Pada penelitian ini, proses otomatisasi pengklasifikasian kualitas buah dilakukan dengan mendeteksi cacat pada tepi buah belimbing menggunakan metode deteksi tepi Laplacian of Gaussian dengan menggunakan software Delphi 7.0. Hasil prosentase cacat dibandingkan dengan data standar mutu buah CODEX (2005). Kualitas buah dikategorikan kedalam 2 ketegori yakni kelas I, dan kelas II. Ada beberapa langkah program yang dilakukan yaitu mengambil citra asli test.bmp, kemudian dilakukan proses pemotongan (cropping) citra yang sudah dicroping kemudian diubah ke citra keabuan (grayscale), citra grayscale yang masih terdapat derau dirubah ke citra penapisan, citra penapisan diubah menjadi citra biner (thresholding), citra biner kemudian diolah dengan deteksi tepi menggunakan metode Laplacian of Gaussian. Proses pengkklasifikasian dengan proses prosentase, dengan cara jumlah piksel citra putih dibagi jumlah piksel buah dikalikan 100.

            Dari penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil dari deteksi tepi menggunakan Laplacian of Gaussian menghasilkan titik-titik tepi yang cukup jelas sehingga mempermudah dalam klasifikasi kualitas buah belimbing. Dari hasil pengujian program dengan menggunakan 20 sampel citra buah belimbing didapat prosentase kebenaranya adalah 90% sehingga aplikasi ini layak digunakan.

Kata kunci: Buah belimbing, Deteksi tepi, Laplacian of Gaussian.

Full Text:

PDF

References


Achmad B & Firdausi K. 2005. Teknik Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi. Yogyakarta : Penerbit Andi Publishing.

Ahmad, Usman. 2005. Pengolahan Citra Digital Dan Teknik Pemrogramannya. Yogyakarta : Graha Ilmu

Ahmad, Usman, dkk, 2009. Pemutuan Buah Jeruk Pontianak Berdasarkan Ukuran Dan Warna Menggunakan Pengolahan Citra. Bogor : Teknik Pertenian IPB.

Budiningsih, Rahayu. 2009. Aplikasi Untuk Pendeteksian Kerusakan Buah Jeruk Dengan Menggunakan Metode Thresholding. Yogyakarta : Teknik Informatika UAD.

Kusnassriyanto. 2012. Belajar Pemrograman Delphi. Bandung : Penerbit Informatika

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital Dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung : Penerbit Informatika.

Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta.

Rukmana, Rahmat. 2005. Belimbing Manis. Semarang : Penerbit Aneka Ilmu

Satya Afandi, Ardi. 2008. Pengklasifikasian Kualitas Keramik Dengan Menggunakan Metode Laplacian of Gaussian Dan Prewit. Yogyakarta : Teknik Informatika UAD.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i3.2885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aditya Kurniawan, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.