APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU REGULER(PSB) ONLINE BERBASIS WEB DAN MOBILE YANG TERINTEGRASI DENGAN SMS GATEWAY STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 PENGASIH

Irfan Nur Aditya, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Pendaftaran siswa baru merupakan rangkaian kegiatan pengolahan data yang mendukung kegiatan pokok lembaga pendidikan dalam rangka menyelenggarakan proses pendidikan, adapun kegiatan ini berkenaan dengan proses pendaftan siswa baru dan pengumuman siswa baru yang diterima. Proses penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Pengasih saat ini masih dilakukan secara manual,sehingga terjadi berbagai masalah dari penginputan data yang lambat, berkas pendaftaran yang tidak tersusun rapih dan antrian pendaftaran yang panjang. Aplikasi pendaftaran siswa baru berbasis web dan mobile yang terintegrasi dengan SMS gateway sebagai media  komunikasi ini dikembangkan untuk membantu proses pendaftaran dari mulai pendaftaran sampai pengumuman siswa baru yang diterima Dipilihnya teknologi komunikasi dalam bentuk SMS ini dikarenakan lebih praktis, murah dan efisien untuk menyampaikan informasi. Selain karena unggul dari segi kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya, teknologi ini juga hadir dengan tarif yang relatif lebih murah untuk fasilitas pengiriman data pesan atau transfer informasi dalam kapasitas kecil dibandingkan dengan layanan suara.

Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah aplikasi penerimaan siswa baru reguler(psb) online berbasis web dan mobile yang terintegrasi dengan sms gateway. Metode  yang  digunakan dalam menyelesaikan  tugas  akhir ini  adalah mengamati langsung proses pendaftaran siswa baru, pengumpulan  data  yang meliputi data siswa, data nilai dan laporan hasil pendaftaran, serta pengembangan aplikasi yang meliputi perancangan sistem dan implementasi sistem aplikasi pendaftaran, dan pengujian sistem ini menggunakan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi penerimaan siswa baru reguler(psb) online berbasis web dan mobile dengan sms gateway dengan kemampuan dapat melakukan proses pendaftaran hanya 1 hari, dapat membuat laporan pendaftaran siswa dengan cepat hanya memerlukan waktu beberapa jam saja, memberikan inovasi bagi SMA Negeri 1 Pengasih dalam kaitannya dengan pendaftaran siswa baru serta dapat memberikan informasi dengan cepat untuk siswa yang telah diterima melalui sms. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan di SMA Negeri 1 Pengasih .

 Kata Kunci : Pendaftaran, Web, Mobile, SMS Gateway


Full Text:

PDF

References


Arna. 2009. Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Untuk Menunjang Sekolah Rsbi Menjadi Sbi Web.

Arif. 2011. Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Untuk Menunjang Sekolah Rsbi Menjadi Sbi Berbasis Web Pada Sma Negeri 1 Ponorogo.

Antonius.2010.Codeigniter, Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP

Kasman.2014. Membangun aplikasi Sistem SMS Quick Count dengan PHP.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i1.2934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irfan Nur Aditya, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.