PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D BANG JAIL DENGAN TEKNIK DIGITAL PAINTING

Suhendra Edi Saputra, - Murinto

Abstract


Perkorupsian di Indonesia masih tergolong tinggi kurangnya pencegahan atau perbaikan dalam sistem, dampak dari perkorupsian di Indonesia dialami oleh anak sekolah. Penyebabnya Kurangnya pengetahuan anak tentang kejujuran. Maka tugas orang tua, guru, maupun masyarakat untuk mengawasi dan memberikan informasi tentang kejujuran. Terkadang dalam penyampaiaan materi yang dilakukan tidak banyak yang ditangkap anak, karena kondisi anak cendrung lebih suka bermain dibandingkan belajar. Perlu adanya media penyampaian yang mampu membangkitkan motivasi   anak tentang pencegahan perkorupsian. Potensi dalam melihat film animasi merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan. Tujuannya adalah untuk membantu orang tua, guru, dan masyarakat dalam proses penyampaian untuk mencegah perkorupsian pada anak.

Subyek penelitian ini adalah tentang kejujuran dan tanggung jawab (perkorupsian) untuk anak usia remaja umur 13-15 tahun di dirancang sebagai suatu media penyampaian informasi anak, Sekaligus media belajar yang menampilkan sebuah gambar, suara , teks, dan animasi yang interaktif. Metode penggumpulan data dilakukan dengan metode literature, metode wawancara, dan metode observasi. Setelah data terkumpul dilakukan perancangan sistem, yang meliputi ide, tema, logline, sinopsis, character development, storyboard, dan membuat gambar, setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan pengujian program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan film animasi ‘’ Bang Jail ‘’ dengan menggunakan teknik digital painting. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa pencegahan perkorupsian sebagai alat bantu belajar anak serta menyampaikan informasi tentang kejujuran dan tanggung jawab.

Kata kunci : film animasi 2D, teknik digital painting, korupsi




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v3i2.3061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suhendra Edi Saputra, - Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.